ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk menguji, apakah kompetensi Pedagogik Guru, lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga dapat berpengaruh terhadap perilaku belajar siswa kelas XI SMK PGRI 1 Tulungagung. Metode penelitian ini bersifat kuantitatif dengan data primer kuesioner dengan melibatkan 112 responden sebagai sampel data. Pengujian hipotesis dengan metode statistik uji-t dan uji-F setelah sebelumnya dilakukan uji kualitas data dan uji asumsi klasik. Hasil analisis menunjukkan secara parsial kompetensi Pedagogik Guru, lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga berpengaruh signifikan positif terhadap perilaku belajar siswa kelas XI SMK PGRI 1 Tulungagung. Secara simultan menunjukkan kompetensi Pedagogik Guru, lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga berpengaruh signifikan positif terhadap perilaku belajar siswa kelas XI SMK PGRI 1 Tulungagung. Kata kunci : Kompetensi Pedagogik Guru, Lingkungan Sekolah, Lingkungan Keluarga, Perilaku Belajar. ABSTRACTThis study aims to examine whether the pedagogic competence of teachers, school environment and family environment can affect the learning behavior of class XI students of SMK PGRI 1 Tulungagung. This research method is quantitative with questionnaire primary data involving 112 respondents as data samples. Hypothesis testing with statistical methods t-test and F-test after previously tested the quality of the data and the classical assumption test. The results of the analysis showed that partially the pedagogic competence of teachers, school environment and family environment had a significant positive effect on the learning behavior of class XI students of SMK PGRI 1 Tulungagung. Simultaneously shows the pedagogic competence of teachers, school environment and family environment have a significant positive effect on the learning behavior of class XI students of SMK PGRI 1 Tulungagung. Keywords: Teacher Pedagogic Competence, School Environment, Family Environment, Learning Behavior.
Copyrights © 2022