Integrated Science Education Journal
Vol 2 No 3 (2021): September

Pemahaman Siswa Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Materi Besaran dan Satuan di SMA N 1 Batanghari

Tiara Sandari (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemahaman siswa terhadap hasil belajar fisika pada materi besaran dan satuan Metodologi: Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif assosiatif dengan Instrumen penelitian meliputi test soal besaran dan satuan dengan jumlah pertanyaan sebanyak 25 soal. Menggunakan sampel sebanyak 37 siswa. Analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi sederhana. Temuan utama: Berdasarkan data yang diperoleh dengan teknik analisis data yang bertujuan untuk melihat pemahaman siswa terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi besaran dan satuan Kelas X SMA Negeri 1 Batanghari, maka penelitian ini dapat disimpulkan antara lain: pemahaman siswa Kelas X SMANegeri 1 Batanghari dikategorikan “Baik”. Sedangkan hasil belajar fisika pada materi besaran dan satuan siswa Kelas X SMA Negeri 1 Batanghari dikategorikan “Baik”.Dengan kata lain semakin baik pemahaman siswa terhadap materi maka akan semakin baik pula hasi belajar mereka. Keterbaruan penelitian: Setelah dilakukan penelitian didapatkan keterbaharuan dari penelitian ini yaitu hasil belajar dipengaruhi oleh pemahaman siswa dalam belajar. Oleh karena itu, dengan mengetaui hal tersebut, guru dapat merancang sebuah pembelajaran yang lebih baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ISEJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Covers all the Integrated Science Education Journal (ISEJ) at the level of primary, secondary, senior, and higher education. The goal of this journal is to bring together researchers and practitioners from academia and industry to focus on Educational advancements and establishing new collaborations ...