Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia
Vol 2 No 3 (2022): JPTI - Maret 2022

Upaya Pemanfaatan Fasilitas Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam

Muhammad Nuzli (Dosen Tetap, Program Studi PAI IAI SMQ Bangko, Indonesia)
Pitonah Ismiah (Mahasiswa Program Studi PAI IAI SMQ Bangko, Indonesia)
Sri Wahyuni (Mahasiswa Program Studi PAI IAI SMQ Bangko, Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2022

Abstract

Upaya pemanfaatan fasilitas pembelajaran yang digunakan seorang guru di lembaga pendidikan guna meningkatkan kinerja guru merupakan hasil kerja yang telah dan akan di capai seorang guru melalui suatu lembaga pendidikan baik secara umum maupun sebaliknya dan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab dari seorang guru, sehingga siswa memahami kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan peserta didik dapat terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Temuan awal peneliti pada siswa kelas IV di SDIT Nurul Balad Desa Mentawak sebelum masuk dalam proses penelitian ditemukan bahwa peserta didik di Kelas IV ini masih banyak yang kurang memahami materi pembelajaran dan beberapa siswa belum terlibat aktif dalam pembelajaran PAI dan proses pembelajaran terkesan sudah terbiasa dengan kegiatan belajar mengajar yang monoton pada aktivitas guru dan masih minim pemanfaatan fasilitas teknologi dalam pembelajaran guna sehingga pembelajaran dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap permasalahan tentang upaya pemanfaatan fasilitas teknologi pendidikan dalam meningkatkan kinerja guru PAI dalam pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, serta data yang diperoleh dianalisis melalui menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang temukan bahwa kinerja seorang guru PAI pada siswa Kelas IV di SDIT Nurul Balad Desa Mentawak dalam menggunakan fasilitas teknologi dalam pembelajaran sudah digunakan, akan tetapi belum dilakukan kepada peserta didik secara maksimal. Seperti ada kendala dari fasilitas yang di berikan sekolah untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan upaya persiapan yang dilakukan guru dalam memfasilitasi siswa kelas IV dalam proses pembelajaran PAI.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpti

Publisher

Subject

Education Engineering

Description

Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia (JPTI) merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang menerbitkan artikel hasil penelitian dan gagasan ilmiah* dari Dosen, Peneliti, Praktisi, dan Guru dari seluruh Indonesia dan Mancanegara. JPTI memiliki fokus dan ruang lingkup yang terdiri dari 1. Lingkup ...