JURNAL MASYARAKAT NEGERI ROKANIA
Vol 3 No 1 (2022): JURNAL MASYARAKAT NEGERI ROKANIA

PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MENDONGENG DI SD NEGERI 003 RAMBAH

Eni Marta (STKIP Rokania)
Elvina (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Rokania)
Rejeki (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Rokania)
Safrudin (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Rokania)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2022

Abstract

Kurikulum 2013 terdapat nilai-nilai karakter yang harus dicapai oleh siswa, tetapi didalam pelaksanaannya guru lupa bahkan tidak pernah menerapkan nilai karakter tersebut dalam proses pembelajaran. Sekolah hanya mengutamakan kemampuan kognitif siswa. Pendidikan karakter kini menjadi isu sentral yang dibicarakan dalam dunia pendidikan terutama di Sekolah Dasar, karena anak pada usia Sekolah Dasar lebih mudah dalam proses terbentuknya karakter. Melalui ini dilaksanakan pelatihan untuk menumbuhkan pemahaman guru tentang karakter yang dilaksanakan melalui mendongeng. Metode dalam pelatihan ini ada tiga tahapan yaitu, 1) tahap persiapan, 2) tahap pelaksanaan, dan 3) tahap monitoring dan evaluasi. Dari hasil pelatihan yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwasanya mitra sasaran sudah mampu menerapkan pendidikan karakter salah satunya melalui kegiatan mendongeng dalam pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jmnr

Publisher

Subject

Computer Science & IT Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JURNAL MASYARAKAT NEGERI ROKANIA merupakan jurnal ilmiah pengabdian, penelitian pendidikan dan pembelajaran yang diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Rokania, yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Oktober dan ...