JURNAL PERSPEKTIF ADMINISTRASI DAN BISNIS
Vol. 1 No. 1 (2020)

PENGARUH KUALITAS PRODUK, PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KOMSUMEN PADA KAFE DI JALAN SIAM KOTA PONTIANAK

Sulaiman (Politeknik Negeri Pontianak)
Desty Wana (Politeknik Negeri Pontianak)
Heriyanto (Politeknik Negeri Pontianak)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Kualitas produk, pelayanan dan lokasi berpengaruh terhadap kepuasan konsumen karena apabila kualitas produk, pelayanan dan lokasi diberikan dan terpenuhi maka kepuasan konsumen akan meningkat dan akan tercapai tujuan yang telah ditetapkan perusahaan. Kafe di Jalan Siam Kota Pontianak, juga memberikan kualias produk, pelayanan dan lokasi kepada konsumen baik yang bersifat ekonomis, fasilitas maupun pelayanan. Tetapi, kualitas produk dan pelayanan yang diberikan dirasa kurang oleh konsumennya. Permasalahan adalah ”Apakah kualitas produk, pelayanan dan lokasi berpengaruh terhadap kepuasan konsumen?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, pelayanan dan lokasi terhadap kepuasan konsumen. Lokasi penelitian dilakukan pada kafe di Jalan Siam Kota Pontianak. Dari hasil perhitungan melalui program SPSS 12 diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 0,426 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,653. Sementara itu dari tabel anova dan coefficients diperoleh nilai F hitung sebesar 17,302. Pada signifikan F sebesar 0,000 dan nilai koefisien regresi kualitas produk (B1) sebesar 0,246 dengan nilai t hitung sebesar 2,111 dan koefisien regresi pelayanan (B2) sebesar 0,439 dengan nilai t hitung sebesar 3,425 serta koefisien regresi lokasi (B3) sebesar 0,132 dengan nilai t hitung sebesar 1,284. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas produk, pelayanan dan lokasi berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpab

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Perspektif Administrasi dan Bisnis is an open access journal and peer-reviewed that publishes either original article or reviews. This journal focuses on: Marketing, Human Resources, Financial, Management Information System, Entrepreneurship, Operation Management, Consumer Behavior, Service ...