Tekno : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan
Vol 32, No 1 (2022)

Game Edukasi Telitung (Teliti Berhitung) pada Pembelajaran Anak Usia Dini untuk meningkatkan Motivasi Belajar

Ahmad Mursyidun Nidhom (Universitas Negeri Malang, Indonesia)
Gres Dyah Kusuma Ningrum (Universitas Negeri Malang)
Shofiyah Al Idrus (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2022

Abstract

Pembelajaran anak usia dini merupakan konsep pembelajaran awal yang difokuskan pada mekanisme berfikir kreatif dan imajinatif, hal ini sejalan konsep pembelajaran sepanjang masa yang mengakumulasi nilai kemandirian siswa, dalam hal ini anak usia dini diberikan stimulus untuk meningkatkan motivasi belajar. Salah satunya adalah dengan mengembangkan paket pembelajaran game edukasi. Pengembangan Game Edukasi Telitung merupakan pengembangan game edukasi yang dikhususkan untuk anak usia dini dengan rancangan game play yang memberikan stimulus terhadap perkembangan motivasi belajar, sampling dari penelitian ini sebayak 100 sampling yang diambil secara puposive sampling pada siswa SD Lab UM. Hasil yang didapatkan adalah 1). Pengembangan Game Edukasi ini berdasarkan permalahan yang dihadapi peserta didik usia dini dalam peningkatan motivasi belajar matematika di era pademi; 2). Uji validitas pegembangan produk game edukasi didapatkan hasil sangat valid, hal ini tersebar dari nilai validitas, yang dikalkulasikan dengan Tse (Total Skor Empirik) dan TSm (Total Skor Maksimal) yang pada aspek Rekayas Perangkat Lunak mendapatkan hasil 98,08%, Aspek Komunikasi Visual mendaptkan 100% dan Gamifikasi Pembelajaran mendapatkan hasil 91,67%, rata-rata pada uji validitas yang memuat 3 aspek tersebut menghasilkan total rata-rata 99,04% atau dalam kriteria linkert disimpulkan dalam kriteria sangat valid; 3). Pada uji pengaruh pada peningkatan motivasi belajar juga didapatkan dari hasil pengambilan data motivasi yang menghasilkan  total keseluruhan aspek motivasi belajar yang dinilai di angka 88,16% dan masuk dalam kategori tinggi. Dari hasil simpulan tersebut dapat pemgembangan Game Edukasi Telitung (Teliti Berhitung) pada Pembelajaran Anak Usia Dini berhasil meningkatkan Motivasi Belajar secara signifikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tekno

Publisher

Subject

Engineering

Description

The Journal invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of electrical engineering, informatic engineering, and vocational education, and related topic are ...