Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol 15, No 1 (2022): April - Jurnal Teknologi Pendidikan

PEMANFAATAN APLIKASI AUDACITY DALAM PROSES PEMBELAJARAN MAHARAH ISTIMA’ KELAS X MAN 1 SOLOK

Amrina . (Institut Agama Islam Negeri Batusangkar, Sumatera Barat)
Adam Mudinillah (Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hikmah Pariangan Batusangkar, Sumatera Barat)
Durrotul Hikmah (Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hikmah Pariangan Batusangkar, Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2022

Abstract

Abstrak: Pesatnya dunia digital saat ini, tentunya sangat berimbas pada segala sektor  kehidupan masyarakat, contohnya saja pada sektor pendidikan. Semua hal yang awalnya dilakukan secara offline kini berubah menjadi online. Sekolah online (daring) menuntut semua kalangan masyarakat sekolah agar mampu mengembangkan pengetahuannya tentang teknologi yang dapat  menunjang keberhasilan dan memperoleh hasil yang diiginkan.salah satunya pemanfaatan aplikasi audacity sebagai media upaya untuk menguatkan minat peserta didik terhadap pembelajaran maharah istima’. Penelitian ini menggunakan metode yang bersifat studi kepustakaan (library research). Salah satu media pendukung pembelajaran berbasis audio ialah aplikasi audacity. Aplikasi tersebut dapat digunakan sebagai perekam audio, memanipulasi serta mengedit suara. Aplikasi ini memiliki beragam fitur menarik sehingga mampu mengedit sebuah audio agar yang kita dengar lebih sedap  untuk disimakkan. Selain itu media audacity ini sangat memberi impact positif berupa daya serta minat belajar terhadap perkembangan pembelajaran khususnya maharatul istima’. Kata Kunci: Audacity, Maharah Istima’, Minat Belajar Peserta Didik. Abstract: The rapid development of the digital world today, of course, has an impact on all sectors of people's lives, for example in the education sector. Everything that was originally done offline has now turned online. Online (online) schools require all levels of the school community to be able to develop their knowledge of technology that can support success and obtain results. This research uses a library research method. One of the supporting media for audio-based learning is the audacity application. The application can be used as an audio recorder, manipulate and create sound. This application has a variety of interesting features so that it is able to create an audio so that what we hear is more enjoyable to listen to. In addition, this audacity media has a very positive impact in the form of power and interest in learning on the development of learning, especially Maharatul istima'. Keywords: Audacity, Maharah Istima', Students' Interest in Learning.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jtp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil-hasil penelitian, kajian ilmiah dan pengembangan teknologi pendidikan yang memberi kontribusi pada pemahaman, pengembangan teori dan konsep keilmuan, serta aplikasinya terhadap pendidikan dan pembelajaran ...