JURNAL ILMIAH CAHAYA PAUD
Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Cahaya Paud (Edisi Mei)

Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Melalui Media Flash Card Pada Kelompok B Di PAUD Terpadu Alkhairaat Skeep Kota Ternate

Farida Samad (Universitas Khairun)
Rita Samad (Universitas Khairun)
Ayutri Puspita Dewi Ruslan RH (Universitas Khairun)



Article Info

Publish Date
30 May 2020

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penguasaan kosa kata bahasa Inggris anak pada kelompok B usia 5-6 tahun di PAUD Terpadu Alkhairaat Skeep Kota Ternate 2018/2019. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu content analysis dari Miles dan Huberman. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini tentang penguasaan kosa kata bahasa Inggris anak melalui media flash card pada kelompok B1, B2 dan B3 di PAUD Terpadu Alkhairaat Skeep Kota Ternate bahwa penguasaan kosa kata bahasa inggris anak melalui media flash card cukup baik yang diajarkan dengan menunjukan gambar yang berisi kosa kata bahasa Inggris didalamnya, menebak gambar yang ada pada flash card dan menyebutkan satu persatu gambar yang ditunjukan guru didepan menggunakan bahasa indonesia dan bahasa Inggris, serta percakapan antara guru dan anak menggunakan kalimat-kalimat sederhana dalam bahasa Inggris. Selain itu, guru mengajarkan bunyi bacaan yang baik dan benar dalam bahasa inggris dan mengenalkan anak huruf abjad dalam bahasa Inggris agar anak lebih mudah menguasai kosa kata bahasa Inggris dengan memulai dari bagian awal bahasa Inggris.  Kata kunci: Kosa Kata, Media Flash Card (Kartu Bergambar), Anak

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

cahayapd

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Jurnal Ilmiah Cahaya Paud adalah jurnal hasil penelitian lapangan, studi teoritis, ide-ide kreatif-inovatif, solutif, untuk masalah pendidikan anak usia dini dan pengembangan pengetahuan. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud adalah Jurnal bidang ke-paud-an yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Anak ...