Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains
Vol 2 No 1 (2022): Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains

PERAN REBT DALAM MENGASAH KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI MTSN 3 KUANTAN SENGINGI

Zuhrika (Universitas Negeri Padang)
Netrawati (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2022

Abstract

Teori REBT Memandang bahwa membantu manusia mengubah keyakinan irasional manusia menjadi keyakinan rasional sehingga meningkatkan fungsi emosi dan perilaku manusia. Tujuan utama untuk membantu peserta menginternalisasi filosofi hidup yang rasional, seperti halnya mereka menginternalisasi seperangkat keyakinan dogmatis dan ekstrem yang berasal dari lingkungan sosial budaya mereka dan dari  penemuan mereka sendiri. ,Pemimpin kelompok REBT berperan sebagai pendidik psikologis, dan mereka cendrung menghindari berhubungan terlalu dekat dengan anggota mereka dan dengan demikian menghindari mereka meningkatkan kecendrungan ketergantungan mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan membandingkan terapi REBT dengan mengasah kepercayaan diri siswa. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa terapi melalui pendekatan  REBT di Sekolah MTSN 3 Kuantan Sengingi. Penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan penuturan siswa, mereka sangat jarang mendapatkan layanan Bimbingan dan Konseling,  peneliti mendapati masih terdapat peserta didik yang tidak percaya diri, pemahaman peserta didik dalam menilai diri masih  banyak negatif, masih terdapat beberapa siswa yang tidak dapat menerima kritikan dari orang lain, siswa cenderung bersikap hiperkritis yakni mengeluh, mencela atau meremehkan apapun dan siapapun, siswa merasa tidak disenangi oleh temannya, siswa masih ikut-ikutan teman dan terbawa oleh pergaulan yang tidak baik, siswa belum memiliki komitmen terhadap dirinya, dan siswa masih mencari identitas diri. Fenomena yang dialami oleh para siswa tersebut memberikan dampak yang kuat sehingga menyebabkan siswa harus ketinggalan pelajaran, tidak naik kelas bahkan ada yang harus berpindah sekolah. Selain itu, dalam kehidupan sehari-hari siswa membentuk pandangan yang irrasional, yaitu siswa merasa harus memiliki perlengkapan fasilitas belajar yang wajib dimiliki, memiliki prestasi yang lebih dari kakak atau adiknya yang selalu menjadi dukungan utama dalam keluarga. Siswa juga menunjukkan sikap mudah tersinggung ketika teman yang lain dibawakan bekal dan merasa diri tidak begitu diperhatikan dalam keluarga. ABSTRACT REBT Theory veiws that helping humans change human irrational belief into rational ones so as to improve the functioning of human emotions and behavior. REBT group leaders act as psychological educators, and they tend to avoid getting too close to their members and thereby avoiding them increasing their dependency tendencies. This study used a qualitative approach by comparing REBT therapy with sharpening students’ self-confidence. The results showed that therapy through the REBT approach at MTSN 3 Kuantan Singingi School. This study shows that based on student’s narratives, they very rarely get guidance and counseling services, researchers found that there are still students who are not confident, students’ understanding of self- asessment is still alot negative, there are still some students who cannot accept criticism from others, students tend to be hypercritical, namely complaining, criticizing and belitting anything ans anyone, students feel displeased by their friends, students still follow their friends still follow their friends and are carried away by bad associations, The phenomena experieced by these students have a strong impact, causing students to have to miss lessons, not go to class and some even have to chage schools. In addition, in everyday life students form irration views, namely students feel they must have learning facilities. Must haves, have better achievements than brothers and sisters who have always been the main support in the family. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

algebra

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains dikelola dan diterbitkan oleh Tim Riset YANA dibawah Yayasan Amanah Nur Aman. Algebra : jurnal pendidikan, sosial dan sains berdiri sejak tahun 2021 dan terbit 4 edisi setiap tahun yaitu pada bulan Maret, Juni, September dan ...