Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Vol 9, No 1 (2022): Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA BERBASIS IT MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD SWASTA MAITREYAWIRA DELI SERDANG T.P. 2020/2021

Sugito Sugito Sugito (STKIP Pangeran Antasari)
Ria Lastaria Simare Mare (STKIP Pangeran Antasari)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2022

Abstract

Abstrak : Kehadiran pandemi covid-19 mengakibatkan proses pembelajaran harus beralih dari tatap muka menjadi online. Agar proses pembelajaran tetap berjalan maka pemerintah menghimbau satuan pendidikan melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hasil belajar siswa kelas V SD Swasta Maitreyawira Deli Serdang terhadap proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dilakukan pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Siswa Kelas V SD Swasta Maitreyawira Deli Serdang. Dari hasil observasi dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas V masih tergolong belum memenuhi standart Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Peneliti menggunakan media berbasis IT yaitu quizizz yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SD Swasta Maitreyawira Deli Serdang pada mata pelajaran IPA materi tentang alat gerak manusia dan hewan. Hasil penelitian yang diperoleh dalam tindakan kelas secara online yang telah dilaksanakan bahwa dari 25 siswa yang mengikuti tes prasiklus siswa yang dikatakan tuntas sebanyak 12 siswa (48%). Pada siklus I hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa (60%). Sedangkan pada siklus II juga mengalami peningkatan dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 19 siswa (76%).Kata kunci: Covid-19, hasil belajar, PJJ, quizizz

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bio

Publisher

Subject

Education

Description

Bionatural : jurnal ilmiah pendidikan Biologi publishes peer-reviewed research of special importance and broad interest in any area of biology education by research and or result of conceptual studies. ...