Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis kesulitan yang dialami siswa dalam memahami konsep pada mata pelajaran matematika tingkat SMP ditinjau dari kemampuan self-efficacy siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N yang berada di Kecamatan Padaherang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis, angket dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, sajian data, dan menyimpulkan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) siswa dengan kategori self-efficacy tinggi memiliki kesulitan pemahaman konsep matematis pada indikator menyatakan ulang sebuah konsep dan memberikan contoh dan bukan contoh suatu konsep. (2) siswa dengan kategori self-efficacy sedang memiliki kesulitan pemahaman konsep matematis pada indikator menyatakan ulang sebuah konsep, mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup suatu konsep, mengelompokkan suatu objek berdasarkan jenisnya sesuai dengan sifat-sifat tertentu, menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematis, menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu, dan mengklasifikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah. (3) siswa dengan kategori self-efficacy rendah memiliki kesulitan pemahaman konsep matematis pada semua indikator pemahaman konsep.
Copyrights © 2022