Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa SMA yang ditinjau dari Self Efficacy. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA 1 sebanyak 20 orang. Dari kelas tersebut dipilih dua siswa dari masing-masing kelompok Self Efficacy untuk diwawancarai dan di analisis kemampuan koneksi matematis nya. Pengumpulan data meliputi Angket Self Efficacy, tes koneksi matematis dan wawancara. Setelah data hasil angket Self Efficacy dan tes koneksi matematis diperoleh, kemudian dianalisis kemampuan koneksi matematis nya berdasarkan Self Efficacy siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kelompok siswa Self Efficacy tinggi sebanyak 5 orang, mampu memenuhi indikator koneksi antar konsep dalam matematika dan mengkoneksikan konsep matematika dengan bidang lain dan terdapat satu subjek yang tidak memenuhi salah satu dari keempat indikator kemampuan koneksi matematis; (2) Kelompok siswa dengan Self Efficacy sedang sebanyak 12 orang, hanya memenuhi indikator mampu menghubungkan antara konsep matematika dengan bidang lain dan terdapat satu subjek yang tidak memenuhi salah satu dari keempat indikator kemampuan koneksi matematis.; dan (3) Kelompok siswa dengan Self Efficacy rendah sebanyak 3 orang, tidak ada yang memenuhi salah satu dari keempat indikator kemampuan koneksi matematis.
Copyrights © 2022