Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan
Vol 10, No 1 (2022): AGRILAN : JURNAL AGRIBISNIS KEPULAUAN

ANALISIS SALURAN DAN MARJIN PEMASARAN CABAI (Capsicum annum L) DI PASAR TRADISIONAL GEMBA DESA WAIMITAL KECAMATAN KAIRATU KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT

Ode Rista Judin (Program Studi Agribisnis, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Pattimura, Jln. Ir. M. Putuhena, Kampus Poka-Ambon 97233)
Natelda R Timisela (Program Studi Agribisnis, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Pattimura, Jln. Ir. M. Putuhena, Kampus Poka-Ambon 97233)
Maisie T. F. Tuhumury (Program Studi Agribisnis, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Pattimura, Jln. Ir. M. Putuhena, Kampus Poka-Ambon 97233)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2022

Abstract

Komoditas hortikultura yang memiliki prospek di masa depan adalah sayuran. Kebutuhan masyarakat terhadap sayuran akan terus meningkat seiring dengan pertambahan penduduk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran dan marjin pemasaran sayuran komersial serta menganalisis saluran dan marjin pemasaran komoditi cabai. Metode pengambilan sampel ditentukan secara sengaja yaitu petani sebanyak 30 orang, pedagang pengumpul sebanyak lima orang dan pedagang pengecer sebanyak enam orang. Hasil penelitian menunjukkan terdapat dua saluran pemasaran, pertama dari petani ke konsumen akhir, dan kedua dari petani ke pedagang pengumpul, pedagang pengumpul ke pengecer dan pengecer ke konsumen akhir. Marjin saluran pemasaran pertama adalah Rp. 25.000. Marjin pada saluran pemasaran kedua adalah Rp. 5000. Farmer’s share tertinggi pada tingkat petani adalah pada saluran pemasaran I yaitu sebesar 94,5 persen. Farmer’s share untuk saluran pemasaran II adalah sebesar 60 persen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kedua saluran pemasaran sudah efisien karena efisiensi pemasarannya sudah lebih dari 50 persen.

Copyrights © 2022