NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 9, No 3 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN DAN MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN TERHADAP NASABAH KUPEDES DALAM USAHA MENCEGAH KREDIT MACET PADA PT. BANK BRI UNIT KESAMBEN CABANG JOMBANG

Brilliantama Aulia Hakim Prasetyo (Fakultas Ekonomi, Jurusan Manajemen, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)
Amelindha Vania (Fakultas Ekonomi, Jurusan Manajemen, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2022

Abstract

Pada umumnya pengusaha dalam golongan sangat memerlukan bantuan keuangan dengan cara kredit untuk mengembangkan usahanya. Usaha yang bangkrut, turunnya minat konsumen akan produk yang ditawarkan, dan kondisi keuangan yang tidak memadai. Antusias dari masyarakat khususnya yang berada di daerah Kesamben Jombang dengan membuat jumlah debitur Kupedes meningkat, hal ini juga memungkinkan terjadinya kredit macet di waktu yang akan datang. Sehingga diperlukannya komunikasi dan pendekatan yang baik terhadap nasabah untuk meminimalisir terjadinya kredit macet. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari komunikasi dan hubungan pelanggan yang dilakukan oleh Bank BRI Unit Kesamben Jombang dalam meminimalisir terjadinya kredit macet. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan 100 sampel nasabah Kupedes aktif dengan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kuisioner.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...