NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 9, No 3 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

PENGARUH LEARNING CONTROL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS X IS SMA NEGERI 6 PADANGSIDIMPUAN

Ali Nurdin Siregar (FKIP – Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2022

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada Pengaruh Learning Control Terhadap Prestasi Belajar siswa Di Kelas X IS SMA Negeri 6 Padangsidimpuan.          Dengan analisa yang dilakukan dan mengukur  kualitas  data  menggunakan  tabel  penolong dengan ketentuan, jika thitung0,604 > ttabel  0,344  maka koefisien korelasi yang diuji adalah diterima, sebaliknya jika thitung  0,604 < ttabel   0,344  maka koefisien korelasi yang diuji adalah ditolak. Ketentuannya interpretasi koefisein korelasi bila rhitung lebih kecil dari rtabel, maka Ho diterima dan Ha ditolak, tetapi sebaliknya bila rhitung lebih besar dari r tabel (rh > rtabel ) maka Ha diterima, sehingga (0,604 > 0,344 ) maka Ho diterima dan (0,604 < 0,344) maka Ha  ditolak, berdasarkan tabel interprestasi koefesien korelasi antara 0,60 – 0,700 dikategorikan kuat. Maka hipotesa yang ditetapkan yaitu ada pengaruh learning control terhadap prestasi belajar siswa di kelas X IS SMA Negeri 6 Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2020-2021, ternyata hipotesa ini dapat diterima kebenarannya. Dimana pembelajaran learning control tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X.IS di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan, bahwa pembelajaran learning control tidak memiliki peran bagi siswa dalam pembelajaran ekonomi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...