NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 9, No 3 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA YANG BERSEKOLAH TATAP MUKA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Risdayanti Risdayanti (Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang)
Duryati Duryati (Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kecerdasan emosional memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar pada siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling di Kecamatan Rao, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat. Subjek penelitian terdiri dari 40 orang siswa/i sekolah mengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) yang rentang usianya 13-18 tahun. Penelitian ini dianalisa menggunakan regresi linear sederhana di SPSS dari data yang telah dikumpulkan menggunakan skala kecerdasan emosi dan skala motivasi belajar. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kecerdasan emosional memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa yang bersekolah tatap muka di masa pandemi covid-19. Siswa yang memahami perasaannya sendiri dan mengetahui emosi orang lain cenderung termotivasi secara instrinsik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...