Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 8 No. 1 (2022): January-March

Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Yeremita Nurhalin (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Kiki Nia Sania Effendi (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa SMP dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri Karawang sebanyak 20 siswa. Instrumen pada penelitian ini yaitu soal tes kemampuan penalaran matematis dengan pokok bahasan SPLDV sebanyak 6 soal dalam bentuk uraian. Teknik pengumpulan data dengan cara memberikan soal tes kemampuan penalaran matematis. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian yang dilaksanakan ini menerapkan dari penelitian Miles dan Huberman dengan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran pada materi sistem persamaan linear dua variabel yaitu 4 siswa berkemampuan penalaran matematis tinggi, 14 siswa berkemampuan penalaran matematis sedang, dan 2 siswa berkemampuan penalaran matematis rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa SMP kelas VIII pada sekolah tersebut dalam menyelesaikan permasalahan SPLDV termasuk dalam kategori sedang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...