Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 8 No. 1 (2022): January-March

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Aritmatika Sosial

Dede Indra Dwi Nugraha (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Dori Lukman Hakim (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kemampuan siswa sekolah menengah SMP dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi aritmatika sosial. Dalam artikel ini, mata pelajaran yang dipertimbangkan di salah satu SMP di Kabupaten Karawang, jumlah siswa yang menjadi subjek berjumlah enam orang pada kelas delapan, yang dikelompokkan ke dalam siswa dengan kategori kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif tentang bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berkorelasi dengan bagaimana siswa mereduksi dan menyajikan data. Dalam artikel ini, data dianalisis menggunakan empat tahap kemampuan pemecahan masalah matematis, yaitu memahami masalah, merumuskan rencana masalah, memecahkan masalah, dan meninjau kembali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 16,67% siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika yang tinggi, 50% siswa memiliki kemampuan sedang atau menengah dalam menyelesaikan masalah matematika dan 33,33% memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII SMP di Kabupaten Karawang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika sedang dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...