Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 8 No. 1 (2022): January-March

Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Yanah (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Dori Lukman Hakim (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2022

Abstract

Artikel ini mendeskripsikan tentang kemampuan penalaran matematis siswa SMP dalam menyelesaikan masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Pada artikel ini, subjek yang diambil dari kelas IX pada salah satu SMP di Karawang sebanyak 6 siswa yang dikelompokkan dalam kategori tinggi, sedang, dan rendah. Artikel ini akan dikaji secara deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Kemampuan penalaran matematis ini akan diukur berdasarkan bagaimana siswa mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, memberikan alasan terhadap suatu kebenaran solusi, menarik kesimpulan logis, dan menyajikan pernyataan matematika secara lisan, tertulis, atau gambar. Artikel ini mengambil analisis datanya menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari kajian tersebut, terdapat siswa yang memiliki kemampuan penalaran matematis pada kategori tinggi sebesar 33,33%, siswa pada kategori sedang dengan sebesar 16,67%, dan siswa pada kategori rendah sebesar 50%. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa kelas IX disalah satu SMP di Karawang dalam menyelesaikan masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) masih tergolong rendah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...