JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Optimasi Database dengan Metode Index dan Partisi Tabel Database Postgresql pada Aplikasi E-Commerce. Studi pada Aplikasi Tokopintar

Samidi, Samidi (Unknown)
Fadly, Fadly (Unknown)
Virmansyah, Yusuf (Unknown)
Suladi, Ronal Yulyanto (Unknown)
Lesmana, Ario Bambang (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2022

Abstract

Efektifitas dan juga efisiensi waktu dalam mengakses dan pengambilan data sangatlah penting bagi sebuah perusahaan retail berbasis online yang memiliki jumlah data transaksi kegiatan sangat besar setiap harinya, sepertihalnya yang terjadi pada Aplikasi E-Commerce Toko Pintar dalam sebuah aktivitas transaksi mutasi. Dalam penelitian ini, dilakukan sebuah optimasi database untuk mengoptimalkan kinerja database guna menunjang performa dari database itu sendiri. Optimasi yang dilakukan dalam penelitian ini bertujuan untuk mengatasi dan memperoleh informasi sekaligus solusi masalah waktu eksekusi dan waktu respon query jika data pada database yang akan diproses sangat besar yang berdampak pada lamanya proses query itu sendiri. Adapun cara yang digunakan untuk melakukan optimalisasi database dalam penelitian ini adalah dengan metode Index dan Prtition Table. Index adalah sebuah objek dalam sistem database yang dapat mempercepat proses pencarian (query) data. Dari hasil eksperimen dengan dataset sebesar 2.248.590 data didapatkan sebuah hasil yang sangat memuaskan dimana terdapat perbedaan waktu query yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan index dan partition table, dimana Database sebelum diberi Index dan Partition Table akan memakan waktu yang lama dibanding setelah menggunakan Index dan Partition Table. Kelemahan Index dan Partition Table terjadi hanya pada kondisi tertentu yaitu padasaat melakukan insert data kedalam table.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...