JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK N 1 Matur Tahun Pelajaran 2021/2022

Desi Rafliani (Pendidikan Matematika, Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Bukittinggi)
Aniswita Aniswita (Pendidikan Matematika, Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Bukittinggi)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang memiliki prestasi belajar matematika yang rendah. Hal ini disebabkan oleh kondisi lingkungan sekolah yang kurang kondusif serta rendahnya minat belajar siswa. Berdasarkan kondisi tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang pengaruh lingkungan sekolah dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMK N 1 Matur tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah korelasional dengan sifat penelitian Ex post facto. Berdasarkan hasil analisis data (1) untuk lingkungan sekolah terhadapprestasi belajar matematika diperoleh persamaan regresi parsial Y = -42,272 + 1,004X1 dengan nilai thitung > ttabel yaitu 2,975 > 1,70 serta nilai koefesien kolelasi rx1y = 0,490 dan koefesien determinasi 24,01%. Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan lingkungan sekolah dan prestasi belajar matematika. (2) untuk minat belajar terhadap prestasi belajar matematika diperoleh persamaan regresi parsial Y = -18,773 + 0,839 X2 dengan nilai thitung > ttabel yaitu 3,014 > 1,70 serta nilai koefesien kolelasi rx2y = 0,495 dan koefesien determinasi 24,50%. Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan minat belajar dengan prestasi belajar matematika. (3) untuk lingkungan sekolah dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika diperoleh persamaan regresi parsial y = -85,393 + 0,851 X1+ 0,714 X2 dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 9,466 > 3,34 serta nilai koefesien kolelasi rx1x2y = 0,412 dan koefesien determinasi 16,98%. Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan lingkungan sekolah dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMK N 1 Matur tahun pelajaran 2021/2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...