JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Analisis Urgensi Strategi Pembelajaran Active Learning di Pendidikan Anak Usia Dini

Desmawati Roza (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Adzkia)
Sri Hartati` (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Pendidikan anak usia dini adalah salah satu wadah untuk mengembangkan segala bentuk kemampuan anak baik berkaitan dengan karakter, fisik-motorik, kognitif, bahasa, seni, sosial, emosional, spiritual, disiplin diri, konsep diri, maupun kemandirian. Dengan strategi pembelajaran active learning diharapkan kemampuan anak berkembang dengan optimal. Penelitian bertujuan untuk menganalisis urgensi strategi pembelajaran active learning di pendidikan anak usia dini. Metode penelitian berupa studi literatur. Teknik pengumpulan data dengan menelaah sumber primer berupa buku referensi dan jurnal yang relevan dengan masalah penelitian. Setelah mendapatkan data yang diperlukan maka dilanjutkan dengan menganalisis data. Analisis dilakukan dengan menghubungkan antara permasalahan dengan konsep dan teori relevan. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Active Learning adalah salah satu strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini karena proses pembelajaran pada anak usia dini bertumpu pada aktivitas belajar anak secara aktif (active learning) memberikan anak kesempatan untuk menentukan pilihan, mengemukakan pendapat dan aktif melakukan atau mengalami sendiri. Strategi ini dianggap efektif karena dapat memfasilitasi tumbuh kembang anak dengan optimal secara aktif. Pembelajaran aktif mampu memberikan anak ruang dalam bereksplorasi sehingga meningkatkan seluruh aspek perkembangan anak.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...