JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Perangkat Instrumen Pengembangan Paket Soal Jenis Pilihan Ganda Menggunakan Pengukuran Validitas Konten Formula Aiken’s V

Iwan Suhardi (Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2022

Abstract

Kualitas pembelajaran tergantung dari unsur-unsur pembelajarannya yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Ketiga unsur pembelajaran tersebut harus mendapat porsi yang seimbang. Indikasi kurangnya porsi kegiatan evaluasi sering terlihat pada malpraktik proses pembuatan butir soal yang kurang sesuai dengan prosedur dan berkesan seadanya. Salah satu bentuk teknik evaluasi yaitu pengujian dalam bentuk butir soal pilihan ganda. Menyusun butir soal secara benar bukan pekerjaan yang mudah. Setelah mengidentifikasi karakteristik kompetensi yang diukur, selanjutnya menentukan bentuk soal yang tepat. Butir-butir soal disesuaikan dengan kisi-kisi yang ada. Jika soal yang dibuat guru sesuai kaidah, maka hasil tes tersebut dapat digunakan untuk menentukan tingkat kemampuan siswa yang sebenarnya. Tujuan kajian ini yaitu mengembangkan perangkat instrumen pengembangan paket soal menggunakan pengukuran validitas konten formula Aiken’s V agar validitas paket soal yang dikembangkan lebih terjamin. Kajian ini berupaya menambahkan proses pengembangan butir soal dengan penilaian yang bersifat kualitatif namun terukur oleh panel ahli. Penelitian ini merupakan pengembangan perangkat instrumen evaluasi. Pengembangan perangkat instrumen ini dimaksudkan sebagai usulan ilmiah untuk peningkatan kualitas suatu paket soal dalam kategori kajian kualitatif. Kajian ini memperkenalkan seperangkat instrumen untuk mengukur validitas sebuah paket soal jenis pilihan ganda beserta butir soalnya. Perangkat instrumen validasi menggunakan 2 (dua) lapisan validasi, yaitu instrumen validasi untuk intern pengembang dan instrumen validasi untuk pakar. Instrumentasi pengukuran validasi pakar menggunakan Formula Aiken’s V untuk mengukur validasi konten. Dengan 2 (dua) tahap lapisan validasi maka kualitas soal akan meningkat dan validasi kontennya terukur.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...