JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Kegiatan Pembelajaran Remedial dalam Pencapaian Ketuntasan Hasil Belajar Matematika di Kelas XI SMK N 1 Pangkalan Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun Pelajaran 2020/2021

Panji Rahmat Illahi (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi)
Rusdi Rusdi (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi)
Wedra Aprison (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi)
M. Imamuddin (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah nilai kegiatan pembelajaran remedial yang belum sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran remedial yang seharusnya berdasarkan observasi dan wawancara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kegiatan pembelajaran remedial dalam pencapaian ketuntasan hasil belajar matematika yang dilakukan oleh guru di kelas XI SMKN 1 Pangkalan Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru matematika dan peserta didik kelas XI. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kegiatan pembelajaran remedial dalam pencapaian ketuntasan hasil belajar matematika tidak sesuai dengan langkah-langkah kegiatan pembelajaran remedial yang diharuskan adanya pembelajaran ulang dengan bimbingan secara individu ataupun secara kelompok. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran remedial dalam pencapaian ketuntasan hasil belajar matematika yang tidak terlaksana sebagaimana mestinya, sebab pemahaman guru sebagai subjek dari kegiatan pembelajaran remedial, dalam proses penerapan pembelajaran diharuskan adanya pembelajaran remedial ataupun secara kelompok dan bisa membantu kesulitan yang dialami siswa dikelas XI SMKN 1 Pangkalan Kabupaten Lima Puluh Kota.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...