Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah nilai kegiatan pembelajaran remedial yang belum sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran remedial yang seharusnya berdasarkan observasi dan wawancara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kegiatan pembelajaran remedial dalam pencapaian ketuntasan hasil belajar matematika yang dilakukan oleh guru di kelas XI SMKN 1 Pangkalan Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru matematika dan peserta didik kelas XI. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kegiatan pembelajaran remedial dalam pencapaian ketuntasan hasil belajar matematika tidak sesuai dengan langkah-langkah kegiatan pembelajaran remedial yang diharuskan adanya pembelajaran ulang dengan bimbingan secara individu ataupun secara kelompok. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran remedial dalam pencapaian ketuntasan hasil belajar matematika yang tidak terlaksana sebagaimana mestinya, sebab pemahaman guru sebagai subjek dari kegiatan pembelajaran remedial, dalam proses penerapan pembelajaran diharuskan adanya pembelajaran remedial ataupun secara kelompok dan bisa membantu kesulitan yang dialami siswa dikelas XI SMKN 1 Pangkalan Kabupaten Lima Puluh Kota.
Copyrights © 2022