JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Aktualisasi Diri Tokoh Utama dalam Novel Bidadari Berbisik Karya Asma Nadia

Novita Sahara (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Riau)
Dudung Burhanudin (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Riau)
Elmustian Elmustian (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk aktualisasi diri tokoh utama yang terdapat pada novel Bidadari Berbisik karya Asma Nadia, dan (2) apakah ada hambatan yang dialami tokoh utama dalam mewujudkan aktualisasi diri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Bidadari Berbisik karya Asma Nadia. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui teknik dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah (1) identifikasi data, (2) klasifikasi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan lima bentuk aktualisasi diri dalam novel Bidadari Berbisik karya Asma Nadia, yakni (1) bentuk kreativitas, (2) bentuk moralitas, (3) bentuk spontanitas, (4) bentuk penerimaan diri, dan (5) bentuk pemecahan masalah. Hambatan yang dialami tokoh utama diidentifikasi melalui empat kebutuhan bertingkat tokoh utama yang terdiri dari, (1) kebutuhan fisiologis, (2) kebutuhan rasa aman, (3) cinta dan memiliki-dimiliki, (4) kebutuhan penghargaan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...