Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik valid dan praktis serta untuk mengetahui minat belajar siswa setelah menggunakan lembar kerja peserta didik dalam pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah walkthrough, angket, observasi dan wawancara.Kevalidan lembar kerja peserta didik dapat dilihat dari tiga aspek yaitu isi, konstruk, dan bahasa yang termuat dalam lembar validasi pada tahap expert review serta berdasarkan komentar/saran dari hasil uji coba one to one.Kepraktisan lembar kerja peserta didik dapat diketahui bedasarkan perhitungan angket dan pengamatan pada tahap small grup serta melihat efek potensial berupa minat belajar siswa pada tahap field test. Dari hasil lembar validasi expert diperoleh rata-rata presentase sebesar 84,4% yang termasuk kriteria cukup valid dan dari hasil angket kepraktisan diperoleh rata-rata presentase 83,75% yang termasuk kriteria praktis. Adapun hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat 45,45% peserta didik yang memiliki minat belajar dalam kategori sangat baik dan terdapat 54,55% peserta didik yang memiliki minat belajar dalam kategori baik.
Copyrights © 2022