Penelitian pengembangan dilandasi dengan terdapatnya kasus yang ditemui di SMA Negeri 13 Medan. Berdasarkan pada hasil pengamatan, kasus yang ditemui mencakup belum adanya pemakaian media berbasis website seperti Animaker dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan produk berbentuk media pembelajaran matematika SMA dengan aplikasi Animaker pada materi vektor. (2) Mengetahui kelayakan serta kepraktisan media pembelajaran aplikasi Animaker dengan tes validasi oleh ahli materi, ahli media, guru, serta respon yang di dapat dari peserta didik. Penelitian ini menggunakan model ADDIE, mencakup Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Subjek penelitian yang diuji cobakan merupakan murid kelas X MIA 2 SMA Negeri 13 Medan. Hasil penelitian pengembangan ini berupa persentase dari penskoran uji validasi oleh validator ahli materi serta ahli media. Pada kelayakan didapat persentase dari ahli materi sebesar 90,9% dan 80,5% dari ahli media serta 77,68% dari guru mata pelajaran matematika. Hasil kepraktisan media pembelajaran dengan aplikasi Animaker bisa diamati dari angket respon guru serta peserta didik. Hasil penelitian membuktikan bahwa media pembelajaran dengan aplikasi Animaker praktis serta layak untuk digunakan. Respon guru serta peserta didik membuktikan reaksi positif dengan persentase nilai yang didapat. Berdasarkan angket respon guru sebesar 80% serta angket reaksi peserta didik sebesar 78%.
Copyrights © 2022