AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 11, No 1 (2022)

KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PASCA PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DENGAN PENDEKATAN PMRI DAN COLLABORATIVE LEARNING

Mustika Khoirunnisa (Universitas Sriwijaya)
Ratu Ilma Indra Putri (Pendidikan Matematika, Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa pada materi PLSV setelah diterapkan pembelajaran menggunakan media video melalui pendekatan PMRI dan collaborative learning. Penggunaan media video yang berisikan sharing task dan jumping task dengan pendekatan PMRI dalam penelitian ini membuat siswa lebih tertarik dalam belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.4 SMP Negeri 1 Palembang dengan jumlah siswa 20 dari 34 orang siswa di kelas tersebut. Adapun penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes tertulis, dan wawancara dimana tes ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif. Setelah dilaksankannya penelitian didapatkan hasil bahwa kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII.4 SMP Negeri 1 Palembang pada materi PLSV dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 61,475. Indikator kemampuan penalaran matematis yang paling sering muncul adalah indikator manipulasi matematika sedangkan indikator yang paling jarang muncul adalah indikator memeriksa kesahihan suatu argumen.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...