Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul fisika berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D. Subyek penelitian ini meliputi Validator (Ahli bahasa, media dan materi), guru fisika dan siswa kelas X dalam uji coba kelompok terbatas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar angket. Berdasarkan hasil analisis ketiga validator menunjukkan bahwa e-modul memenuhi kriteria valid dengan hasil validasi bahasa 25, hasil validasi media 37, dan validasi materi 48. Sedangkan hasil analisis kepraktisan guru sebesar 40 dan kepraktisan siswa sebesar 39,7 menunjukkan kedua ny kategori praktis. Persentase ketuntasan siswa sebesar 88,8 %. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul fisika berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) materi gerak lurus kelas X yang dikembangkan peneliti dinyatakan valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran.
Copyrights © 2021