Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 7 No. 1 (2022): Maret

Pengembangan Media Pembelajaran MAPENA (Mainan Peta Anak) pada Materi IPS untuk Siswa Kelas IV SDN 39 Mataram

Evy Yola Adini (Universitas Mataram)
Nur Hasanah (Universitas Mataram)
Itsna Oktaviyanti (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2022

Abstract

Penggunaan media dalam pembelajaran dapat mengatasi keberagaman karakteristik gaya belajar siswa. Selain itu, penggunaan media dapat membuat pembelajaran menjadi lebih bermakna (meaningfull learning). Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa media pembelajaran MAPENA (Mainan Peta Anak) Pada Materi keragaman suku bangsa dan budaya Indonesia, mengetahui kelayakan media pembelajaran MAPENA (Mainan Peta Anak) dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran MAPENA (Mainan Peta Anak) untuk siswa kelas IV SDN 39 Mataram. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini menggunakan 5 tahapan penelitian, yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Penelitian dilakukan di SDN 39 Mataram, Kecamatan Selaparang. Alat pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran MAPENA (Mainan Peta Anak) pada Materi keragaman suku bangsa Indonesia, Kelayakan media MAPENA (Mainan Peta Anak) pada materi keragaman suku bangsa Indonesia. Berdasarkan penilaian dari validator ahli media mendapatkan kriteria sangat layak dengan rerata persentase 97,5%, penilaian dari ahli materi mendapatkan kriteria sangat layak dengan rerata persentase 97,05%. Hasil uji coba kelompok kecil pada tahap 1 mendapatkan kriteria sangat layak dengan rerata persentase 97,91%, uji tahap 2 mendapatkan kriteria sangat layak dengan rerata persentase 97,9%, dan uji coba tahap 3 mendapatkan kriteria sangat layak dengan rerata persentase 96,75%. Oleh karena itu media pembelajaran MAPENA (Mainan Peta Anak) ini layak digunakan dalam proses pembelajaran karena dapat meningkatkan keaktifan siswa di dalam kelas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...