Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi karena lemahnya kemampuan kreativitas peserta didik yang disebabkan kurang aktif-interaktifnya peserta didik dalam proses pembelajaran serta pemilihan metode pembelajaran yang masih menggunkan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa perangkat pembelajaran model PjBL berbasis STEM dalam meningkatkan kreativitas peserta didik yang valid, efektif, dan praktis. Penelitian ini termasuk dalam Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall. Produk yang dikembangkan yaitu silabus, rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja peserta didik (LKPD), dan instrumen tes kreativitas. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi, lembar kepraktisan dan instrumen tes kreativitas. Kevalidan perangkat pembelajaran menggunakan angket validasi yang dinilai oleh enam validator yaitu tiga dosen dan tiga guru praktisi yang kemudian dianalisis menggunakan skala likert. Efektivitas perangkat pembelajaran model PjBL berbasis STEM diperoleh dari hasil pretest dan posttest dengan analisis menggunakan uji N-Gain. Kepraktisan perangkat pembelajaran menggunakan angket respon guru dan peserta didik. Hasil analisis kevalidan perangkat pembelajaran menggunakan skala likert menunjukkan rata-rata perangkat pembelajaran yaitu silabus 92.18% dengan kategori sangat layak, RPP 90.62% kateogori sangat layak, LKPD 88,93 kategori sangat layak, dan Instrumen tes 93,05% kategori sangat layak. Kreativitas mengalami peningkatan dengan menggunakan hasil rata-rata uji N-Gain adalah 0.40 dengan kategori sedang. Hasil analisis angket respon guru dan peserta didik terhadap pembelajaran model PJBL-STEM menunjukkan kepraktisan sebesar berturut-turut 4.00 (sangat baik) dan 3.17 (baik). Hasil keterlaksanaan kegiatan guru model dan peserta didik berturut-turut 3.92 (sangat baik) dan 3.00 (baik). Sehingga, dapat disimpulkan perangkat pembelajaran model PjBL berbasis STEM dikembangkan valid, efektif dan praktis digunakan untuk meningkatkan kreativitas peserta didik.
Copyrights © 2022