Penetapan pelaksanaan pendidikan daring di masa pandemi saat ini menuntut pendidik untuk merancang pembelajaran yang berkualitas dan bermakna bagi peserta didik. Akibatnya, guru harus mengganti guru dengan standar kompetensi yang baik. Salah satu cara untuk menjawab kebutuhan tersebut adalah dengan menggunakan perangkat pembelajaran dan model pembelajaran berbasis TPACK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengembangan perangkat dan metode pembelajaran berbasis TPACK terhadap kualitas pembelajaran. Penelitian ini dilakukan oleh SDN Petoran No. 154 untuk tahun ajaran 2020/2021, subjek penelitian ini adalah guru SDN Petoran No. 154 Surakarta yang berjumlah 24 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan program SPSS versi 25.00. Observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. Dari uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 2,711> hitung dari t tabel (2,711>1,717) dengan sig < 0,05 (0,013 < 0,05) yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara pengembangan perangkat ajar berbasis pada TPACK tentang kualitas pengajaran online. Sedangkan t-score untuk pengembangan model pembelajaran berbasis TPACK sebesar 5.018 t-tabel (5.018 1.717) dengan sig < 0,05 (0,000 < 0,05). Oleh karena itu diketahui bahwa pengembangan perangkat pembelajatan dan model pembelajaran berbasis TPACK berdampak pada kualitas pengajaran daring
Copyrights © 2022