Jurnal Basicedu
Vol 6, No 3 (2022): June Pages 3200-5500

Model Kooperatif Tipe Role Playing pada Pembelajaran IPS Sekolah Dasar

Tia Anggraini (Universitas PGRI Silampari)
Sukasno Sukasno (Universitas PGRI Silampari)
R. Angga Bagus Kusnanto (Universitas PGRI Silampari)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2022

Abstract

Observasi ini bermaksud untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPS sesudah diterapkan Model Role Playing pada pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Widodo. Penelitian ini merupakan jenis eksperimen semu, dengan menggunakan desain pre test and post-test group. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Widodo, sebanyak 20 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk essay. Data tersebut di analisis menggunakan uji-z pada taraf kepercayaan ????= 0,05. Berdasarkan hasil analisis data post-test didapatkan  Zhitung = 6,31 dan Ztabel = 1,64 berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Widodo sesudah diimplementasikan dengan model kooperatif tipe Role Playing secara signifikan tuntas. Rata-rata hasil belajar IPS siswa sebesar 79,6 sehingga mencapai 90% jumlah siswa yang tuntas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...