Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 6, No 1 (2022): Maret 2022

Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Saintifik Berbasis Pembelajaran Treffinger

Hermayuni, Ni Made Tri Dhana (Unknown)
Lasmawan, I Wayan (Unknown)
Gunamantha, Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2022

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran matematika rendah. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti rendahnya motivasi belajar siswa dan metode belajar yang kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan saintifik berbasis pembelajaran treffinger terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa SD kelas IV. Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian eksperimen. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah factorial design (rancangan faktorial) 2x2 dan desain penelitian Post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sekolah dasar yang berjumlah 157 siswa. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, dan tes. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar soal. Teknik yang digunakan untuk menganalis data yaitu analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbasis pembelajaran treffinger dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.  Siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbasis pembelajaran treffinger lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbasis pembelajaran treffinger lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran konvensional. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan saintifik berbasis pembelajaran treffinger terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...