Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol 5, No 1 (2022): Mei

E-Modul Interaktif Berorientasi Karakter Peduli Lingkungan Muatan IPS Kelas IV Sekolah Dasar

Putra, I Wayan Darma (Unknown)
Wulandari, I Gusti Agung Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2022

Abstract

Pendidikan karakter adalah salah satu hal yang penting yang perlu ditanamkan pada peserta didik. Pandemi menyulitkan guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses Rancang Bangun dan mengetahui kelayakan dari e-modul interaktif berbasis karakter peduli lingkungan muatan IPS kelas IV sekolah dasar menurut hasil review para ahli, uji perorangan dan uji kelompok kecil. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE untuk mengembangkan produk. Penelitian ini terbatas sampai pada tahap pengembangan, karena tidak memungkinkan untuk melibatkan banyak siswa pada masa pandemi Covid-19. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini melibatkan 12 orang siswa kelas IV Sekolah Dasar. Validasi media berdasarkan ahli isi muatan pelajaran produk ini memperoleh skor sebesar 77,08% dengan kualifikasi baik, ahli desain instruksional memperoleh skor 87,50% dengan kualifikasi baik, ahli media pembelajaran memperoleh skor 90,00% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan memperoleh skor 98,33% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok kecil memperoleh skor 96,67% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis data dari hasil validasi yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa media e-modul berbasis karakter peduli lingkungan ini layak digunakan sebagai media pembelajaran pada muatan IPS kelas IV Sekolah Dasar. Implikasi dalama penelitian ini yaitu pemanfaatan E-Modul berbasis karakter peduli lingkungan ini tentu dapat berdampak positif bagi siswa dan juga guru terutama di masa pandemi karena proses pembelajaran terlaksana secara daring.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...