Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Vol 17 No 1 (2022): Pedagogik: Jurnal Pendidikan

Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan Pecahan Dengan Menggunakan Media Buah Terong Apel Pada Siswa Kelas V Sdn Tumbang Jiga Katingan

Maswati Maswati (SDN 1 TUMBANG JIGA KATINGAN)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2022

Abstract

Fungsi media buah terong apel sebagai media untuk mempermudah atau mengaktualisasikan bentuk pecahan dalam bentuk nyata. Buah terong apel mudah didapat dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam penjumlahan bilangan pecahan biasa dengan menggunakan media buah terong apel. Penelitian ini menggunakan Penelitian tindakan kelas dan dilakukan dalam dua siklus. Skor rata-rata kelas pada tes pratindakan hanya mencapai 42,22 sedangkan pada akhir pada siklus II skor rata-rata kelas mencapai 68,89 Ada peningkatan sebesar 26,67%. Secara keseluruhan presentase peningkatan hasil penelitian dari tes pratindakan ke siklus I adalah 7,78% dan siklus I ke siklus II adalah 18,89 %. Secara keseluruhan, hasil penelitian meningkat menjadi 26,67%. Di samping itu juga ditunjukan dengan keseriusan dan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran. Situasi kegiatan pembelajaran berlangsung efektif dan efesien sehingga mengakibatkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menjumlahkan bilangan pecahan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Education

Description

The publication of Pedagogik: Jurnal Pendidikan certainly participates in disseminating the results of research and review of science and technology development conducted by lecturers and researchers especially from UM Palangkaraya and other universities. This edition contains 5 articles consisting ...