Ta`Limuna : Jurnal Pendidikan Islam
Vol 11, No 1 (2022): MARET 2022

PLURALISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI SD/MI

Dwi Nurmalina (Universitas UIN Sunan Kalijaga)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2022

Abstract

AbstrakPluralisme menjadi persoalan penting karena mempunyai andil dalam mengembangkan dunia pendidikan Islam di jalur formal khususnya di SD/MI. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji serta menganalisa tentang kurikulum, nilai-nilai dasar dari pluralisme serta tujuan pendidikan Pluralisme di SD/MI yaitu sebagai asumsi dasar sekaligus dalam merumuskan jawaban dalam penelitian tersebut, dengan menggunakan metode kajian studi pustaka atau library research berbentuk artikel dan jurnal yang telah di publish. Hasil Penelitian ini yaitu agar mampu menciptakan tatanan pendidikan pluralisme dalam pendidikan islam SD/MI dengan harapan peserta didik dapat menerapkannya dalam kehidupannya sehari-hari yaitu dengan damai, harmonis, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, dan mampu beradaptasi dengan berbagai golongan yang berbeda namun tidak terlepas dari akar budaya, agama, dan jati dirinya sehingga segala pengaruh negatif dari perubahan zaman dapat diantisipasi peserta didik dengan lebih baik. Kata Kunci: Pendidikan Islam, Pluralisme, Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

talimuna

Publisher

Subject

Education

Description

TA`LIMUNA Journal of Islamic Education ISSN 2622-9889 (Print) and ISSN 2085-2975 (Online) is a journal published twice a year by STAI Ma’had Aly Al Hikam Malang. This journal emphasizes aspects related to Islamic Education, with special reference to applied research in Islamic education that ...