Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
Vol 8 No 1 (2022): Pendidikan dan Studi Islam

KONTEKSTUALISASI PEMAHAMAN HADIS (KAJIAN ATAS INTERPRETASI HADIS ALI MUSTAFA YAQUB)

Basri, Basri (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengambarkan model interpretasi hadis Ali Mustafa Yaqub. Dengan menggunakan metode deskriptif –analitis, penelitian ini mendeskripskan sketsa intelektual Ali Mustafa Yaqub, menganalisis secara kritis pemikiran-pemikirannya dalam studi hadis, khusunya mengenai metodologi kritik hadis dan model interpretasinya, serta memaparkan contoh aplikasi model interpretasinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ali Mustafa Yaqub yang telah menekuni kajian hadis dalam pengembaraan ilmunya, sangat intens terhadap segala persoalan yang berkaitan dengan hadis, terutama berkaitan dengan praktik keagamaan sebagai bentuk pengamalan suatu hadis yang dilakukan oleh masyarakat Muslim di Indonesia. Oleh karena itu, pemikiran Ali Mustafa Yaqub lebih mengarah kepada upaya reinterpretasi hadis agar bisa dipahami dengan baik tanpa adanya misinterpretasi. Adapun metodologi beliau dalam mengkaji suatu hadis dan model interpretasinya dalam memahami suatu hadis Nabi saw. ialah dengan melakukan metode Kritik Hadis (Sanad dan Matn) terlebih dahulu guna mengetahui mana hadis yang berkulitas shahih dan mana hadis yang tidak shahih. Dengan demikian, maka akan menjadi jelas mana hadis yang dapat dijadikan sebagai hujjah dan mana yang tidak dapat dijadikan sebagai hujjah. Kemudian hadis yang sudah dipastikan keshahihannya hendaknya dipahami dengan pendekatan yang rasional dan mengetahui konteks suatu hadis atau asbab al-wurud-nya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Jurnal_Risalah

Publisher

Subject

Education

Description

Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is published by the Faculty of Islamic Studies Wiralodra University Indonesia. Focus of Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is on publishing original empirical research articles and theoretical reviews of Islamic education and Islamic Studies. The ...