JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 3 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Internalisasi Nilai Kedisiplinan Santri melalui Kepemimpinan Kiai di Pondok Pesantren Darul Falah dan Pondok Pesantren Nurul Huda Al-Islami Lembang

Prasetyo, Oke (Unknown)
Permadi, Dadi (Unknown)
Barlian, Ujang Cepi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2022

Abstract

Dalam mengelola sebuah Lembaga Pendidikan khususnya harus memiliki perencanaan yang baik, dalam hal ini perencanaan Pimpinan Pondok Pesantren membuat kurikulum untuk meningkatkan tingkat kedisiplinan santrinya. Dalam pelaksanaannya Kiai di Pondok Pesantren Darul Falah Cihampelas dan Pondok Pesantren Nurul Huda Al-Islami Lembang Kabupaten Bandung Barat turun langsung membimbing dan mengevaluasi para Santri dan Dewan Asatidz. Kerteladanan yang mereka kedepankan dalam mendongkrak peningkatan kedisiplinan para santrinya. Kesimpulan secara umum adalah kedua Kiai di kedua Pondok Pesantren tersebut disamping keteladanan yang diberikan juga diiringi dengan keterbukaan terhadap semua masukan dan saran menjadikan santri dekat dengan penuh kepatuhan yang menjadikan kedua Kiai tersebut mampu menanamkan nilai-nilai kedisplinan kepada santrinya masing-masing. Hal tersebut didukung dengan pelaksanaan kurikulum yang telah dirancang dilaksanakan dengan konsisten. Dalam pelaksanaan Pendidikan karakter santri dilakukan secara Bersama yang teroganisir dengan baik, sehingga setiap kendala yang muncul mudah dilewati bahkan mampu melejitkan kualitas Pendidikan di Pesantrennya masing-masing. Evaluasi merupakan hal yang penting dalam pelaksanaan semua program yang telah dilakukan agar ada progresitas dalam hasil dari program tersebut. Untuk itu saran dari penulis adalah laksanakan Pendidikan karakter dalam hal ini peningkatan kedisiplinan santri secara terprogram dengan baik sesuai tupoksinya masing-masing.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...