Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 19, No 1 (2022)

MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK USIA DINI MELALUI TEKNIK KOLASE DENGAN BAHAN BIJI-BIJIAN PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD GERDA

Siti Arafatul Fatihah (UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG)
Ine Nirmala (UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG)
Feronica Eka Putri (UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2022

Abstract

Minat belajar penting untuk ditumbuhkan dan dikembangkan pada anak agar anak tertarik dan termotivasi dalam belajar. Teknik kolase menjadi salah satu aktivitas dalam meningkatkan minat belajar pada anak. Penelitian ini bertujuan guna menaikkan keinginan belajar anak melalui pengajaran yang menggunakan teknik kolase dengan materi biji-bijian bagi anak berumur 5-6 tahun. Penelitian ini dilakukan di PAUD Gerda Desa Kerasari Kecamatan Pangkalan Kabupaten Karawang, dengan subjek penelitian 10 anak kelompok B usia 5-6 tahun. Penelitian ini memakai perlakuan kelas yang terdiri dari 2 siklus, dimana satu siklus terdiri 4 komponen, yang meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Analisis data memakai metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada kondisi awal hanya 35,6% rata-rata kelas, dan dilakukan tindakan pada siklus 1 sehingga terjadi peningkatan sebesar 56,3% dalam minat belajar anak. Peningkatan yang terjadi belum memenuhi target maka perlu dilaksanakan perlakuan di siklus II. Hasilnya, minat belajar anak meningkat menjadi 71.25% setelah melakukan tindakan pada siklus II. Dengan demikian teknik kolase dari bahan biji-bijian dapat menaikkan keingian belajar pada siswa kelompok B di PAUD Gerda

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edukid

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Edukids bertujuan untuk memfasilitasi penyebaran penelitian tentang isu-isu yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini untuk menyelesaikan masalah dalam pendidikan dan pembelajaran. Jurnal ini berisi artikel penelitian yang diproses melalui blind peer review. Jurnal Edukids menerima ...