Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 19, No 1 (2022)

Penggunaan Media Mencari Jejak dalam Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Usia Dini

Erna Susilawati Dewi ("Universitas Singaperbangsa Karawang")
Debibik Nabilatul Fauziah (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Rina Syafrida (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2022

Abstract

Aspek perkembangan kognitif merupakan aspek yang penting untuk dikembangkan pada saat anak usia dini. Perkembangan kognitif adalah perkembangan anak usia dini yang meliputi berfikir, mengingat, serta mengolah informasi. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan sebelumnya oleh penulis di PAUD Nurussalam yaitu kurangnya pengembangan aspek kognitif bagi anak. Dari fenomena tersebut penulis berfikir untuk mengembangkan aspek kognitif anak dengan penggunaan media mencari jejak. Media mencari jejak adalah sebuah media yang dibuat dari barang-barang bekas seperti kardus bekas. Media ini di buat oleh guru untuk dapat mengembangkan aspek kognitif anak di PAUD Nurussalam. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan aspek kognitif anak usia dini melalui media mencari jejak. Metode kualitatif adalah metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini, dengan data yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dan dokumentasi dilakukan kepada anak selama pembelajaran berlangsung, Sedangkan wawancara ditujukan kepada guru kelas A di Paud Nurussalam. Subjek yang di ambil dalam penelitian ini yaitu 10 anak kelas A yaitu rentang usia 4-5 tahun. Hasil Penelitian yang diperoleh yaitu 8 dari 10 anak yang pembelajarannya sudah menggunakan media permainan menacari jejak perkembangan kognitif nya sudah Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan Berkembang Sangat Baik (BSB) dengan nilai presentase 80%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edukid

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Edukids bertujuan untuk memfasilitasi penyebaran penelitian tentang isu-isu yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini untuk menyelesaikan masalah dalam pendidikan dan pembelajaran. Jurnal ini berisi artikel penelitian yang diproses melalui blind peer review. Jurnal Edukids menerima ...