AMBARSA
Vol. 2 No. 1 (2022): Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama

Korelasi Antara Minat Membaca dan Praktik Plagiasi Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari dalam Mengerjakan Tugas Makalah

Fadilatus Syarafah, Husnul (Unknown)
Azizahtus Kamila, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini mengetengahkan tentang membaca buku sebagai salah satu aktivitas belajar yang efektif, dengan membaca civitas akademik dapat memperoleh pengetahuan dengan cepat. Sebagai bagian dari masyarakat akademis, mahasiswa memiliki kewajiban membaca. Banyaknya literatur dan penerbit buku tidak mempengaruhi minat baca mahasiswa. Buruknya minat membaca mahasiswa merupakan satu dari beberapa faktor penyebab terjadinya praktik plagiasi sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar dan menurunnya mutu pendidikan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan yang digunakan bersifat kuantitatif atau statistik. Teknik pengumpulan datanya menggunakan survei dengan penyebaran angket dan dokumentasi. Kemudian untuk teknik analisis data dalam penelitian menggunakan skala likert, persentase, dan korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis statistik yang dilakukan dengan mengunakan rumus angka kasar, dimana diperoleh dari hasil penelitian menunjukan rendah bahwa nilai dari r hitung = 0,150 lebih kecil dari pada r tabel, pada taraf signifikansi 1% diperoleh r tabel sebesar 0,286. Dengan demikian hubungan antara minat membaca dengan praktik plagiasi mahasiswa STIT Togo Ambarsari berada pada taraf yang sangat rendah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ambarsa

Publisher

Subject

Other

Description

Ambarsa adalah jurnal yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari untuk peningkatan out-put penelitian sivitas akademik. Jurnal ini memuat kajian pendidikan Islam secara teoritis dan praktis sekaligus juga kaitannya dengan berbagai disiplin keilmuan lain secara interdisipliner ...