Pengelolaan akademik merupakan faktor penting dalam menunjang kelancaran pelaksanaan perkuliahan. Pengelolaan akademik yang efektif dan teratur akan mengahsilkan sistem kerja yang produktif. Dalam hal ini, terdapat tiga variabel yang menjadi fokus permasalahan yaitu program akademik, pelaksanaan program akademik dan evaluasi program akademik di Fakultas Ushuluddin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari Dekan, Pembantu Dekan Akademik, Kasubbag dan Staf Akademik, Dosen dan Mahasiswa pada fakultas tersebut. Instrumen penelitian menggunakan wawancara, observasi dan telaah dokumen. Sedangkan pengelolaan dan analisis data dilakukan dalam tiga tahap yaitu reduksi, display dan verifikasi. Penelitian ini menemukan, pertama, program pengelolaan akademik yang dirancang di Fakultas Ushuluddin sudah sesuai dengan visi dan misi yang dikembangkan di fakultas. Program tersebut, meliputi: pengelolaan sumber daya manusia, pengelolaan waktu, pengelolaan pelayanan akademik berbasis komputer (IT), pengelolaan fasilitas dan pengelolaan pelyanan terhadap mahasiswa; kedua, pelaksanaan program pengelolaan akademik pada Fakultas Ushuluddin termasuk dalam kategori baik, karena umumnya kemampuan karyawan akademik cukup tinggi dalam menjalankannya, seperti pendaftaran ulang mahasiswa baru sesuai dengan jadwal akademik, pengaturan jadwal kuliah sesuai dengan jadwal akademik, pengaturan penasehat akademik (PA) sesuai dengan jumlah mahasiswa, pengaturan dosen sesuai dengan disiplin ilmu dalam mengajar, pelaksanaan ujian telah berjalan tepat waktu, tersedianya kebutuhan yang berkaitan dengan perkuliahan, teraturnya dokumentasi dan registrasi nilai mahasiswa dan ketiga, evaluasi program menunjukkan bahwa kemampuan para karyawan dalam mengelola akademik di Fakultas Ushuluddin masih mengalami berbagai hambatan, baik berupa hamabtan eksternal maupun internal.
Copyrights © 2012