Jika promosi yang diberikan dapat menarik calon siswa tentunya akan berkelanjutan pada keputusan orang tua siswa dalam pemilihan sekolah. Tetapi pada 3 tahun terakhir berdasarkan data dan informasi yang didapat bahwa jumlah minat para siswa yang memilih untuk masuk ke SMAK Santo Petrus mengalami penurunan, sehingga peneliti merasa tertarik untuk meneliti dan memilih variabel promosi agar daya tarik minat masuk siswa baru dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara promosi sekolah terhadap keputusan memilih. Penelitian ini dilakukan di SMAK St. Petrus Kewapante pada semester 2 tahun ajaran 2020-2021. Populasi penelitian ini berjumlah 58 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 51 siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Semua pernyataan valid, reliabel, normal, linear dan non heteroskedastisitas. Berdasarkan hasil perhitungan regresi linier sederhana diperoleh keputusan memilih = 18,796 + 0,364 promosi. Pengujian hipotesis hasil perhitungan uji t diperoleh hasil thitung > ttabel (3,805 > 2,00) yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil menunjukan bahwa koefisien determinasi (Adjusted R Square) variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar Adjusted R Square = 0,212 atau 21,2%. Maka, hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara promosi terhadap keputusan memilih siswa baru di SMAK St. Petrus Kewapante.
Copyrights © 2022