Jurnal Impresi Indonesia
Vol. 1 No. 4 (2022): Jurnal Impresi Indonesia

Pengembangan Model Problem Based Learning Berbasis Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Sistem Rem Teknik Kendaraan Ringan di SMK

Sultan Sultan (Faculty of Engineering and Business, University of Muhammadiyah Sinjai1 dan Faculty of Engineering, Makassar State University Makassar, Indonesia)
Purnamawati Purnamawati (Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia)
Moh. Ahsan S. Mandra (Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2022

Abstract

Pendahuluan: Pendidikan merupakan suatu hubungan yang terjadi antara pendidik (guru) dan peserta didik (siswa) Tujuan: Penelitian pengembangan ini bertujuan, (1) mengembangkan model Problem Based Learning berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran sistem rem siswa SMK. Metode: Penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg & Gall yang direvisi menjadi tujuh tahap, yaitu: Analysis, Planning, Develop Preliminary Product, Uji Coba Tahap I, Revisi Produk, Uji Coba Tahap II dan Impelementation. Hasil: Hasil pengembangan media pembelajaran interaktif melalui validitas ahli, hasil validasi media sebesar 91,01 kategori sangat valid, validasi program sebesar 90,97 kategori sangat valid dan hasil validasi materi sebesar 89,16 kategori valid, hasil validasi ahli dan tahap uji coba telah memenuhi aspek kevalida dan kepraktisan media. Tahap implementasi menunjukkan bahwa hasil respon peserta didik dari aspek tampilan media diperoleh total skor rata-rata penilaian 90,6 kategori sangat baik dan aspek materi diperoleh total skor rata-rata penilaian 86,5 kategori baik, sedangkan respon pendidik dari aspek tampilan media diperoleh total skor rata-rata penilaian 92,7 kategori sangat baik dan aspek materi diperoleh total skor rata-rata penilaian 92,59 kategori sangat baik. Hasil pengamatan belajar peserta didik menunjukkan ketuntasan belajar peserta didik telah memenuhi standar ketuntasan yakni 84,72 dan hasil aktivitas peserta didik diperoleh skor 88.39 berada pada kategori aktif. Kesimpulan: Berdasarkan penelitian, bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan telah layak, praktis dan efektif digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar dan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jii

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

The Jurnal Impresi Indonesia provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within the focus and scopes of the journal which can be examined empirically. The journal publishes research articles covering all aspects of social sciences, ranging from management, economics, ...