Penelitian ini bertujuan untuk memaksimalkan pembelajaran siswa kelas XII, mata pelajaran PCKI (Pembuatan Cake dan Kue Indonesia) pada siswa kelas XII Kuliner 3, SMK Negeri 4 Yogyakarta, dengan materi praktik menghias cake pada acara perkawinan di masa pandemi Covid-19 melalui video tutorial demonstrasi. Strategi pengumpulan data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan memanfaatkan data kualitatif yang kemudian dijabarkan secara deskriptif. Menghias cake untuk acara perkawinan membutuhkan ketelitian, ketrampilan, dan kreativitas terutama pada saat mengapilkasikan butter cream, membuat bentuk hiasan dengan butter cream, memilih warna butter cream untukĀ hiasan, dan memilih ornamen untuk meningkatkan penampilan cake. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran praktik menghias cake untuk acara perkawinan dengan memanfaatkan video tutorial demonstrasi berdampak positif bagi siswa, ditunjukkan dengan pengumpulan tugas siswa yang tepat waktu, antusias serta semangat siswa dalam berdiskusi dan bertanya kepada guru saat mendapatkan kesulitan. Dari hasil foto praktek yang dikirimkan oleh siswa dapat dilihat bahwa dengan memanfaatkan video tutorial demonstrasi siswa dapat menggali potensi dan kreativitas sehingga meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dan pada akhirnya berpengaruh pada hasil belajar siswa.
Copyrights © 2021