Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 4, No 1 (2022): Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat (April)

Inovasi Literasi Guru TK dalam Meningkatkan Media Baca dan Tulis Anak

Nadira Amalia (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Rizka Harfiani (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Muhammad Arifin (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2022

Abstract

Tujuan pada kegiatan ini adalah mitra yang merupakan Pimpinan Cabang Aisyiah Sunggal yakni Taman Kanak-Kanak Aisyiah Bustanul Athfal 32.. Keberhasilan pendidikan anak usia dini adalah terletak pada pendidik atau guru. Pendidik atau guru harus mampu membimbing, membantu dan mengarahkan anak didiknya. Salah satunya adalah mengoptimalkan bahasa anak itu sendiri yakni membaca dan menulis, sehingga kemampuan anak dibidang lainnya dapat ia kuasai menuju pendidikan selanjutnya.Pengembangan Literasi yang dilakukan oleh guru-guru PIAUD adalah membuat, menyusun dan mengembangkan materi, media, strategi serta kegiatan yang ada di bahan ajar yang nantinya akan diterapkan atau diaplikasikan dalam proses pembelajaran di kelas sesuai dengan tingkatan anak usia dini. Salah satu alternative ini bertujuan mengembangkan kreativitas guru dalam mengelola isi bahan ajar menulis dan membaca yang sesuai untuk program PIAUD di Taman Kanak-Kanak Aisyiah Bustanul Athfal Sunggal. Penting bagi guru kreatif untuk mampu memngembangkan kemanpuan pedagogiknya yaitu mampu menyusun bahan ajar yang lebih bervariasi. Selain itu, agar pembelajaran lebih inovatif dan efektif. Pastinya pengembangan bahan ajar literasi guru pada bahan ajar membaca dan menulis mampu mendukung sumber daya manusia yang lebih berkompeten, kreatif dan produktif serta memiliki nilai juang yang tinggi dalam mencerdaskan anak bangsa menuju era globalisasi. Metode pelaksanaan yang dilakukan adalah (1) Persiapan Guru-Guru PIAUD Taman Kanak-Kanak Aisyiah Bustanul Athfal Sunggal. (2) Pelaksanaan Penyuluhan dan Pendampingan Literasi Guru-Guru PIAUD Taman Kanak-Kanak Aisyiah Bustanul Athfal Sunggal untuk mengelola materi, media, strategi, kegiatan dan media yang ada di bahan ajar membaca dan menulis sesuai dengan tingkatan anak usia dini agar lebih kreatif, inovatif dan afektif.(3) Observasi pengembangan literasi guru PIAUD Taman Kanak-Kanak Aisyiah Bustanul Athfal, dan (4) Evaluasi Pengembangan Literasi Guru-Guru PIAUD Taman Kanak-Kanak Aisyiah Bustanul Athfal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IHSAN

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat merupakan jurnal hasil tulisan ilmiah dosen yang merupakan hasil pengabdian kepada masyarakat yang dikelola oleh Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat terbit pertama sekali pada bulan April tahun ...