Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Mandala Education (April)

Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika

Kusumawardani, Nila Nurcahyaning (Unknown)
Rusijono, Rusijono (Unknown)
Dewi, Utari (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mosel problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam memecahkan masalah matematika di SMA 1 Ponorogo. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian True Experimental Design dengan bentuk nonequivalent control group design. Hasil penelitian berdasarkan perhitungan posttest kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam memecahkan masalah matematika diperoleh rata- rata kelas kontrol adalah 48,28 dan kelas eksperimen 57,19. Kemudian, hasil dari penghitungan dengan uji independen sampel t-test diperoleh nilai signifikansi berdasarkan pada kolom asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,043 atau signifikansi < 0,05 (0,043<0,054). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen yang berarti model problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa malam memecahkan masalah matematika

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...