WhatsApp merupakan media sosial yang umum digunakan dalam bidang pendidikan, namun sangat sedikit penelitian yang mengkaji pengaruhnya terhadap self-efficacy. Penelitian ini merupakan pra eksperimen sebagai bagian dari penelitian eksperimen. Sebanyak 45 mahasiswa sedang menempuh mata kuliah Kalkulus integral pada Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo dijadikan sebagai subyek dalam penelitian ini. Pembelajaran dengan menggunakan WhatsApp dilaksanakan selama enam kali pertemuan. Angket digunakan untuk mengukur self-efficacy mahasiswa sebelum dan sesudah pembelajaran. Hasil yang diperoleh bahwa 42% mahasiswa mengalami peningkatan self-efficacy, 38% tidak mengalami perubahan, dan 20% mengalami penurunan. Pembelajaran dengan menggunakan WhatsApp dapat meningkatkan self-efficacy mahasiswa pada mata kuliah kalkulus integral sebesar 2,4%. Media sosial seperti WhatsApp dapat memberikan manfaat dalam pembelajaran apabila didesain dengan mempertimbangkan karakteristik dan konteks pembelajaran.
Copyrights © 2022