Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 13, No 1 (2022): Edisi Januari 2022

WhatsApp: Self-efficacy dan Pembelajarannya

Mohamad Salam (Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

WhatsApp merupakan media sosial yang umum digunakan dalam bidang pendidikan, namun sangat sedikit penelitian yang mengkaji pengaruhnya terhadap self-efficacy. Penelitian ini merupakan pra eksperimen sebagai bagian dari penelitian eksperimen. Sebanyak 45 mahasiswa sedang menempuh mata kuliah Kalkulus integral pada Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo dijadikan sebagai subyek dalam penelitian ini. Pembelajaran dengan menggunakan WhatsApp dilaksanakan selama enam kali pertemuan. Angket digunakan untuk mengukur self-efficacy mahasiswa sebelum dan sesudah pembelajaran. Hasil yang diperoleh bahwa 42% mahasiswa mengalami peningkatan self-efficacy, 38% tidak mengalami perubahan, dan 20% mengalami penurunan. Pembelajaran dengan menggunakan WhatsApp dapat meningkatkan self-efficacy mahasiswa pada mata kuliah kalkulus integral sebesar 2,4%. Media sosial seperti WhatsApp dapat memberikan manfaat dalam pembelajaran apabila didesain dengan mempertimbangkan karakteristik dan konteks pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dikelola oleh Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo dengan terbitan pertama versi cetak dimulai Januari 2011 sedangkan terbitan pertama versi online pada bulan januari 2018. Jurnal ini terbit dua kali setahun yaitu ...