JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro)
Vol 7, No 1 (2022)

Pengembangan E-Modul Interaktif Sebagai Bahan Ajar Berbasis Tutorial pada Mata Kuliah Multimedia di Masa Pandemi Covid-19

Zulfa Husnawati (STT Stikma Internasional Malang)
Niken Dani Safitri (STT Stikma Internasional Malang)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul interaktif sebagai bahan ajar berbasis tutorial pada mata kuliah multimedia yang menarik, layak dan dapat digunakan sebagai bahan ajar mandiri mahasiswa. Model pengembangan yang digunakan mengacu pada tahapan model Lee & Owens, terdiri dari empat tahapan : 1) analysis (need assessment & front-end analysis), 2) Design, 3) Development & Implementation, 4) Evaluation. Subjek penelitian merupakan mahasiswa STT Stikma Internasional semester 5. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, lembar penilaian kelayakan produk, dan angket respon mahasiswa terhadap produk. Hasil penelitian dan pengembangan berupa uji kelayakan produk oleh ahli materi, ahli media, dan ahli desain menunjukkan bahwa produk e-modul interaktif sebagai bahan ajar berbasis tutorial yang telah dikembangkan untuk mata kuliah multimedia berada pada kategori sangat layak digunakan. Hasil uji coba respon mahasiswa terhadap produk yang berkaitan pada aspek kemenarikan dan aspek media sebagai pendukung kemandirian belajar meunjukkan hasil yang positif dengan kategori sangat layak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JUPITER

Publisher

Subject

Education Engineering Other

Description

Focus and scope of the journal: Electronic Engineering Education Media Development and Learning Models of Electronic Engineering Education Evaluation and Assessment of Electronic Engineering Education Electronic Engineering Electromagnetic Field Robotic ...